Training HACCP di PT. Sentra Savori Sejahtera

Training & Workshop HACCP di PT Sentra Savori Sejahtera

HACCP Industri Ingredients

PT. Sentra Savori Sejahtera (PT. SSS) merupakan produsen ingredients (bumbu) siap pakai. Bumbu yang dihasilkan menjadi kebutuhan pokok industri seperti : Industri Food Processing (Sosis, Bakso, delicatessen, dan olahan pangan lainnya), resto, hotel dan industri rumahan yang menjamur di Indonesia.

Melihat pangsa pasar yang luas sekupnya, maka mereka optimis untuk mengembangkan produk ingredient tersebut. Bahkan mereka memiliki visi jauh ke depan untuk menembus pasar ekspor. Kuncinya satu : fokus dan optimis. Fokus pada pengembangan mutu dan inovasi. Optimis dengan keyakinan bahwa produk unggul akan selalu dicari pasar.

Salah satu cara meningkatkan mutu dan mengangkat keyakinan, PT. SSS melakukan in house Training HACCP selama 2 hari di plan mereka. Kami sangat salut dengan semangat mereka, walaupun di bulan Puasa, mereka sangat antusias mengikuti in House Training Training.

In House Training HACCP di PT. Sentra Savori Sejahtera

In House Training HACCP di PT. Sentra Savori Sejahtera

Kegiatan Training HACCP kali ini di pandu oleh trainer senior kami, Coach Anwar Junaedi, yang berpengalaman dibidang industri makanan.

Pengantar HACCP diberikan dalam 3 jam pertama, selebihnya full workshop. Ilmunya ‘daging’ semua nggak banyak ‘tulang atau duri’ yang diberikan. Sangat aplikatif, disampaikan dengan contoh dari dokumen HACCP yang ada dengan di sinkronkan dengan keadaan PT. SSS.

Materinya lihat pada link berikut ini : http://traininghaccp.rayzaldis.com/materi-training-haccp.html.

Ibu Nining sebagai direktur, sangat persuasif untuk mendongkrak timnya untuk aktif menggali seluruh potensi yang dianggap rawan dalam kegiatan produksi mereka. Sehingga diperlukan 2 kali visit plan (lapangan) :

1. Verifikasi (memastikan) diagram Alir

2. Audit Internal untuk melihat GMP atau PRP (sebagai dasar pijakan HACCP).

Tahapan implementasi HACCP : 12 langkah, kami kerjakan satu per satu, sampai tuntas. Ternyata PT. SSS sudah melaksanakan 5 langkah persiapannya, yang belum selesai pada tahapan 7 langkah berikutnya.

Prinsip HACCP yang 7 tersebut mengerucut pada 2 hal utama prinsip HACCP yaitu :

  1. HACCP Plan.
  2. OPRP Plan.

HACCP Plan menemukan 2 CCP (Critical Control Point) yang kami kupas sampai tuntas sampai dokumentasinya.

OPRP Plan sebagai bagian bahaya yang signifikan tapi tidak kritis, kami berikan tehnik membuat perencanaannya sampai dokumentasi. Konsep utamanya menggunakan 5W 1H.

Sampai disini….ternyata waktu 2 hari itu masih kurang. Solusinya kami buat grup WA : All About HACCP. sebagai sarana konsultasi berkaitan dengan implementasi HACCP.

Silahkan yang mau gabung, grup tersebut milik publik. Siapa saja boleh join untuk saling berbagi ilmu tentang HACCP.

(AJ)

Nb : Lokasi PT. SSS

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami